Heboh Beli Rumah Dapat Istri, Ini Tanggapan Netizens di Islampos

Heboh Beli Rumah Dapat Istri, Ini Tanggapan Netizens di Islampos

Foto: berawan.com

Foto: berawan.com

WINA Lia terus menjadi pembicaraan. Ia berniat menjual rumahnya seharga Rp 999 juta. Wina menyebutkan bahwa pembeli tidak hanya akan mendapatkan rumahnya saja, tapi juga sang penghuni pula.

Nah, bagaimana tanggapan dari para netizens di fanpage islampos? Berikut sebagiannya:

Rya Rizka Yg untung yg jual rumah selain dapat uang jg dapat suami maunya yg baik lagi hehe…toh nanti rumahnya jg jd miliknya kan yg beli suaminya hihihi..

Luz De La Luna pinter banget sistem marketing dia,, dapat uang+ dapat suami+ rumah pun bakalan tetep jadi milik dia(sertifikat rumah jangan di balik nama ya suamiku sayangggg????),,,, hmmmmmm

Umma Azura Pada Intinya dia sebenarnya ingin mencari suami yang dia tau punya banyak duit. Salah satunya dengan mengukur kekuatan finansial si laki2. Selain itu, berita sensasional gini bikin pasaran bs naik.

Ananta Du Iskandar Kelihatannya lucu&fenomenal.. Tapi hukum dagang Islam telah mengharamkan dua transaksi dalam satu akad.. Jadi transaksi ini tidak sah dan haram dalam Islam. Lebih penting lagi, pernikahan itu masalah yang berbeda lagi dengan perdagangan, tak sepatutnya dicampur.. Dagang ya dagang, nikah ya nikah..

Rusi Khusni bararingung euy,,knp gk minta petunjuk Allah dan memohon padaNYA jodoh hidup mati toh semua KehendakNYA semua akan terjadi atas RidhoNYA,,kenapa seorang wanita cm ingin di jdkan bonus apa rumah lbh berharga dr manusia?

Rahmatika Rudyn strateginya ckp bagus. Org yg membeli rumahnya yg bakal jd suaminya. dan perempuan itu tdk kehilangan rumahnya dpt suami,dan tetep bs tinggal dirmh itu lg.tnp hrs mrs kehilangan rumahnya. klw dpt muslim taat bisa2 tuh rmh jd maskawin,balik lg ke dia tuh rmh. itu mah cari jodoh kedok jual rmh. cb yg pny duit,lngsung bs beli dan bonusx dpt istri tnp di seleksi,itu br jual rumah!

Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini. []

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

Ribuan Warga Yaman Gelar Demo Anti Syiah Houthi di Sanaa

Ribuan Warga Yaman Gelar Demo Anti Syiah Houthi di Sanaa

Dunia

Ribuan Warga Yaman Gelar Demo Anti Syiah Houthi di Sanaa

Kamis 21 Jamadilawal 1436 / 12 Maret 2015 05:55

dms
RIBUAN warga Yaman menggelar demonstrasi besar-besaran di ibukota Sanaa Rabu kemarin (11/3/2015) untuk mengecam pelanggaran yang dilakukan oleh kelompok pemberontak Syiah Houthi.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang pelanggaran dan penculikan aktivis oleh pemberontak Syiah Houthi, menurut laporan reporter Anadolu Agency.

Mereka juga menyerukan pembebasan korban penculikan yang ditahan oleh kelompok Syiah Houthi, termasuk anggota Partai Islah  yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Pemimpin Syiah Houthi sendiri tidak bisa dihubungi untuk memberikan pernyataan terkait masalah ini.

Yaman saat ini masih dalam keadaan kacau sejak September lalu, ketika Syiah Houthi mengambil alih ibukota Sanaa serta berusaha memperluas kontrol mereka ke wilayah lain di negara itu.

Bulan lalu, Syiah Houthi mengeluarkan deklarasi konstitusional yang membubarkan parlemen dan membentuk dewan transisi yang berisi 551-anggota.[fq/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Al Furqon

« Anggota Parlemen Lebanon Kembali Gagal Memilih Presiden Baru




Gagal itu Bukan Sukses yang Tertunda

Gagal itu Bukan Sukses yang Tertunda

Motivation Corner

Gagal itu Bukan Sukses yang Tertunda

Kamis 21 Jamadilawal 1436 / 12 Maret 2015 04:30

kiat-kiat-orang-sukses

Disarikan dari Anton Satria Prabuwono, Komunitas pengusaha muslim indonesia

INI disampaikan oleh seorang dosen Psikologi pada waktu saya mengikuti seminar 20 tahun dulu. Betul-betul terpatri di memori dan hati. Ya, gagal adalah gagal, bukan sukses yang tertunda. “Kalau ada yang mengatakan gagal adalah sukses yang tertunda sebetulnya hanya ‘ngayem-ayemi’ (membesarkan hati) supaya tidak frustasi” lanjutnya.

Sukses besar itu seperti tumpukan koin. Sukses besar itu berasal dari sukses kecil yang disusun setiap hari. Hari ini satu koin sukses kecil, besok satu koin sukses kecil, demikian seterusnya maka lama-lama akan menjadi sukses besar.

Demikian juga dengan gagal. Dimulai dengan gagal kecil kalau dikumpulkan setiap hari akan menjadi gagal total. Tidak ada cerita hari ini gagal, besok sukses, gagal lagi, sukses lagi, dan akhirnya menjadi sukses besar.

Sepakat dengan apa yang disampaikan, bahwa kesuksesan sekarang adalah hasil jerih payah terus menerus yang dilakukan pada masa-masa sebelumnya. Tidak ada yang instan, semua melalui proses. Determinasi dan konsistensi adalah kata kunci dalam hal ini. Seperti kata pepatah: Siapa yang menabur benih akan menuai hasil. Jangan berharap memetik anggur kalau yang ditanam adalah semak belukar. []

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

« Ketika Cobaan Datang Silih Berganti




Ada 791 Perempuan Gaza Menjadi Janda Akibat Serangan Israel

Ada 791 Perempuan Gaza Menjadi Janda Akibat Serangan Israel

Palestina

Ada 791 Perempuan Gaza Menjadi Janda Akibat Serangan Israel

Kamis 21 Jamadilawal 1436 / 12 Maret 2015 03:21

filistin-gaza

SERANGAN Israel tahun lalu di Jalur Gaza telah menyebabkan 34.697 perempuan Palestina mengungsi, sementara 791 lainnya kehilangan pasangan mereka, kata sebuah LSM Palestina.

“Israel melakukan kejahatan perang terhadap perempuan Gaza,” kata Al-Mezan Pusat Hak Asasi Manusia dalam sebuah pernyataan yang menandai Hari Perempuan Internasional seperti dikutip worldbulletin, Ahad lalu (8/3/2015).

“Menurut pemantauan dan dokumentasi operasi yang dilakukan oleh pusat, perang Israel musim panas lalu telah menyebabkan 293 wanita tewas,” kata LSM itu.

“Israel juga meratakan 2604 rumah lainnya yang dimiliki oleh perempuan,” tambah LSM.

Perempuan di Gaza hidup dalam kondisi mengerikan karena blokade Israel di Jalur Gaza sejak tahun 2007, ditambah dengan kerusakan yang disebabkan oleh 51-hari serangan pada tahun lalu, yang menewaskan lebih dari 2.000 dan ribuan terluka, LSM mencatat.

Pusat mendesak Kelompok hak asasi internasional  untuk mendukung perempuan Gaza dan melindungi mereka terhadap pelanggaran Israel yang terus-menerus. [ra/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

« Hamas Upayakan Hubungan Bilateral dengan Arab Saudi




14 Perkara Larangan terhadap Wanita (2-Habis)

14 Perkara Larangan terhadap Wanita (2-Habis)

wanita arab

KETUJUH : Memakai pakaian dan tudung yang tipis.

Asma binti Abu Bakar menemui Rasulullah SAW dengan memakai pakaian yang tipis. Asma’ binti Abu Bakar telah masuk ke tempat Rasulullah SAW berada sedangkan dia memakai pakaian nipis. Rasulullah SAW lalu berpaling daripada memandangnya sambil berkata, “Wahai Asma’ sesungguhnya seorang wanita itu apabila telah baligh (haid) maka tidak boleh baginya menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, seraya menunjukkan wajah dan telapak tangannya,” (HR. Abu Dawud)

Kelapan : Bersentuhan Tangan

Rasulullah SAW tidak pernah memegang tangan seorang wanita pun, baginda membaiat mereka dengan ucapan. Aisyah melanjutkan, “Demi Allah, Rasulullah SAW tidak pernah mengambil sumpah kepada kaum wanita kecuali atas apa yang diperintahkan oleh Allah, dan baginda tidak pernah menyentuh telapak seorang wanita pun, apabila baginda membai’at mereka, baginda hanya mengucapkan; “Sesungguhnya saya telah membai’at kalian,” (HR. Muslim)

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

لأن يطعن في رأس رجل بمخيط من حديد خير من أن يمس امرأة لا تحل له

Maksudnya : “Sekiranya kepala salah seorang daripada kamu ditusuk dengan jarum besi, itu adalah lebih baik bagi kamu daripada kamu menyentuh wanita yang tidak halal bagi kamu,” (Hadis Riwayat ath-Thabrani. Dinilai sahih oleh al-Mundziri, al-Haitsami, dan al-Albani)

Syaikh al-Albani rahimahullah berkata, “Pada hadis ini terdapat ancaman yang keras (tegas) kepada sesiapa sahaja yang menyentuh wanita ajnabiyah (yang bukan mahram). Padanya juga terdapat dalil atas haramnya bersalaman (mushofahah) dengan wanita. Sebab itu, tidak diragukan bahawa bersalaman itu mengandungi unsur bersentuhan. Pada masa ini, umat Islam banyak diuji dengan situasi ini, dan di antara mereka adalah dari kalangan ahli ilmu. Sekiranya mereka mengingkari perkara tersebut dengan hati mereka, tentu ada sedikit kemudahan untuk menasihati mereka. Tetapi sayangnya, mereka menghalalkan perkara tersebut dengan pelbagai cara (jalan) dan takwilan (penafsiran),” (Rujuk: al-Albani, as-Silsilah ash-Shahihah, 1/225)

Kesembilan : Tidak menundukkan pandangan mata.

Firman Allah SWT maksudnya : “Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman supaya menyekat pandangan mereka (daripada memandang yang haram), dan memelihara kehormatan mereka dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka kecuali yang zahir (muka dan tapak tangan) daripadanya dan hendaklah mereka menutup belahan leher bajunya dengan tudung kepala mereka dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasan tubuh mereka,” (QS. an-Nur ayat 31)

Sabda Nabi Muhamad SAW maksudnya : “Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pandangan yang pertama sahaja manakala pandangan seterusnya tidak dibenarkan hukumnya haram,” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi).

Kesepuluh : Tidak menjaga suara.

Firman Allah SWT maksudnya : “Wahai isteri-isteri Nabi, kamu semua bukanlah seperti mana-mana perempuan yang lain kalau kamu tetap bertakwa. Oleh itu janganlah kamu berkata-kata dengan lembut manja (semasa bercakap dengan lelaki asing) kerana yang demikian boleh menimbulkan keinginan orang yang ada penyakit dalam hatinya (menaruh tujuan buruk kepada kamu) dan sebaliknya berkatalah dengan kata-kata yang baik (sesuai dan sopan),” (QS. al-Ahzab ayat 32)

Rasulullah SAW bersabda maksudnya : “Sesungguhnya akan ada umat ku yang minum arak yang mereka namakan dengan yang lain, iaitu kepala mereka dilalaikan oleh bunyi-bunyian (muzik) dan penyanyi perempuan, maka Allah akan tenggelamkan mereka itu dalam bumi,” (HR. Ibn Majah)

Mendengar wanita berbicara atau bersuara, tidaklah termasuk hal yang terlarang dalam Islam. Kecuali bila suara wanita itu dalam bentuk suara yang mendayu-dayu, mendesah atau dibuat sedemikian rupa sehingga membangkitkan nafsu berahi lelaki yang mendengarnya (seperti menyanyi dan bernasyid). Tentu saja para ulama sepakat untuk mengharamkannya. Namun bila dalam bentuk pembicaraan biasa saja di mana hal itu jauh dari fitnah dan urusan berahi, para ulama sepakat mengatakan bahawa mendengar suaranya tidak diharamkan.

Kesebelas : Kemaluan.

Firman Allah SWT maksudnya : “Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan mukmin, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan menjaga kehormatan mereka,”(QS. an-Nur ayat 31)

Nabi SAW bersabda maksudnya : “Apabila seorang perempuan itu solat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, menjaga kehormatannya dan mentaati suaminya, maka masuklah ia ke dalam syurga daripada pintu-pintu yang ia kehendakinya,” (HR. Al Bazzar)

Dalam hadis yang lain, Nabi SAW bersabda maksudnya : “Tiada seorang perempuan pun yang membuka pakaiannya bukan di rumah suaminya, melainkan dia telah membinasakan tabir antaranya dengan Allah,” (HR. Tirmidzi, Abu Daud dan Ibn Majah.)

Kedua belas : Pakaian ketat dan jarang.

Firman Allah SWT maksudnya : “Hai nabi-nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka memakai baju jilbab (baju labuh dan longgar) yang demikian itu supaya mereka mudah diken ali . Lantaran itu mereka tidak diganggu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang,” (QS al-Ahzab: 59)

Nabi SAW bersabda maksudnya : “Barangsiapa memakai pakaian yang berlebih-lebihan terutama yang menjolok mata , maka Allah akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti,” (HR. Ahmad, Abu Daud , An Nasaii dan Ibnu Majah.)

Dalam hadis yang lain Nabi SAW bersabda maksudnya : “Sesungguhnya sebilangan ahli Neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keterangan : Wanita yang berpakaian tipis/jarang, ketat/membentuk dan berbelah/membuka bahagian-bahagian tertentu adalah haram hukumnya.

Ketiga belas : Rambut di dedahkan.

Nabi SAW bersabda maksudnya : “Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mahu menutup rambutnya daripada dilihat oleh lelaki yang bukan mahramnya, ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat belas : Menampakkan kaki (tidak memakai stokin)

Firman Allah SWT maksudnya : “Wahai Nabi, suruhlah isteri-isterimu dan anak-anak perempuanmu serta perempuan-perempuan yang beriman, supaya melabuhkan pakaiannya bagi menutup seluruh tubuhnya (semasa mereka keluar); cara yang demikian lebih sesuai untuk mereka dikenal (sebagai perempuan yang baik-baik) maka dengan itu mereka tidak diganggu. Dan (ingatlah) Allah adalah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani,” (QS. al-Ahzab: 59)

Berdasarkan ayat di atas jelaslah wanita wajib menutup seluruh tubuh ( termasuk kaki) dan yang dibenarkan buka adalah muka dan dua tapak tangan sahaja sehingga pergelangannya.

Di zaman moden kini tak ramai yang mahu menutup aurat sepenuhnya seperti mana yang dilandaskan oleh syara’.
Mungkin ada yang beranggapan kaki bukanlah suatu yang wajib ditutup kerana ia tidak mendatangkan syahwat kepada lelaki, namun tanggapan itu jelas salah. Ada juga yang mungkin tidak mengetahui bahawa pergelangan kaki adalah termasuk daripada aurat yang wajib ditutup wanita.
Zaman kini wanita beranggapan bahawa pergelangan kaki bukan lagi satu aurat walhal dalam Al-Quran telah jelas menyuruh wanita menutup aurat sepenuhnya moga dengan itu mereka akan dianggap wanita yang baik-baik dan tidak akan diganggu.

Wahai Mukminah solehah, Jagalah aurat kalian yang merangkumi empat belas perkara yang disebutkan di atas supaya kalian menjadi mukminah solehah yang dirihoi oleh Allah SWT. Sungguh perhiasan yang terbaik di dunia adalah wanita sholehah dan tidak ada balasan yang lebih baik untuknya melainkan syurga. [Sumber: Bidadari Dunia/Karya: Muhammad Syafi’ie El-Bantani/Penerbit: Qultummedia]

Habis.

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah

Manfaat dari Jantung Pisang

Manfaat dari Jantung Pisang

bunga pisang

ORANG â€" orang di zaman ini banyak sekali orang yang lebih suka makanan cepat saji dan disaat semakin populernya makanan instan dan makanan kebarat-baratan, ternyata banyak juga yang tidak mengetahui makanan tradisional yang kaya akan sejuta manfaat bagi kesehatan. Makanan tradisional yang kaya akan sejuta manfaat yaitu Jantung Pisang.

Khasiat Jantung Pisang
Semua bagian dari pohon pisang bisa kita manfaarkan mulai dari akar, batang bahkan hingga daunnya. Akan tetapi tak bisa dianggap sepele yaitu pada bagian Jantung Pisang. Banyak sekali kalangan yang menganggap bahwa Jantung Pisang adalah makanan kelas bawah yang dikonsumsi oleh masyarakat kekurangan.

Salah besar apabila Jantung Pisang dikatakan sebagai makanan kelas bawah, berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan berhasil mengungkap Khasiat Jantung Pisang Bagi Kesehatan.

Keberadaan Jantung Pisang saat ini dianggap sampah, akan tetapi jika kita menelusuri keberadaan Jantung Pisang yang semakin terlupakan, ternyata dari sisi lain Jantung Pisang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.
Jantung Pisang mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan seperti flavonoid, protein, fosfor, mineral, kalsium vitamin B1, C dan kandungan serat yang cukup tinggi.

Atau dengan kata lain jantung pisang merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi paling komplit. Selain itu jantung pisang sangat aman dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet karena kandungan lemaknya sangat sedikit dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Kebanyakan orang yang menganggap remeh Jantung Pisang ini karena harganya yang sangat murah dan hanya dikonsumsi oleh kalangan pinggiran.

Sebagian orang lebih memilih untuk membeli dan mengolah sayuran lain seperti sawi, kol dan banyak jenis sayuran lainnya dibandingkan dengan Jantung Pisang yang sering tersisihkan.

Dan pastinya bagi anda yang ingin mengatahui Khasiat Jantung Pisang tersebut, dimana anda bisa mendapatkan informasi mengenai Manfaat Jantung Pisang

Mencegah Terjadinya Stroke
Khasiat jantung pisang lainnya jika dikonsumsi adalah untuk menghalau serangan penyakit jantung juga stroke yang mematikan. Jantung pisang bisa memperlancar sirkulasi darah sebab ia bersifat anti-koagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah.

Mengingat penyembuhan penyakit jantung juga stroke terbilang mahal, agaknya jauh lebih baik mencegah dengan konsumsi jantung pisang teratur setiap harinya.

Sangat Baik Untuk Diet
Jantung pisang sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diat rendah lemak sebab salah satu khasiat jantung pisang adalah memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung fiber yang tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut Anda.

Mengobati Diabetes
Diketahui bahwa Jantung Pisang sangat baik bagi penderita diabetes karena kandungan indeks glemik (GI) yang ada pada jantung pisang tergolong rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita DM.

Khasiat Jantung Pisang seperti diatas hanya baru sebagian karena memang banyak sekali Manfaat Dan Khasiat Jantung Pisang Untuk Kesehatan, salah satunya yaitu sebagai anti inflamasi, meningkatkan sistem imunitas dan masih banyak Khasiat Jantung Pisang Bagi Kesehatan.[]

SUMBER : www.SisKes.com

islampos mobile :

Redaktur: Aldi Rahadian

Hamas Upayakan Hubungan Bilateral dengan Arab Saudi

Hamas Upayakan Hubungan Bilateral dengan Arab Saudi

Palestina

Hamas Upayakan Hubungan Bilateral dengan Arab Saudi

Rabu 20 Jamadilawal 1436 / 11 Maret 2015 23:55

2029296150

UPAYA serius telah dilakukan oleh Hamas untuk mendorong hubungan bilateral Saudi-Hamas. Osama Hamdan, kepala hubungan luar negeri Hamas, mengatakan pada hari Rabu (11/3/2015).

Hamdan mengatakan kepada surat kabar Yordania al-Sabeel bahwa kelompok ini melakukan yang terbaik untuk menaikkan rasa persaudaraan dengan Arab Saudi dan kawasan Arab secara keseluruhan.

Dia menambahkan bahwa tidak ada undangan resmi sejauh ini oleh Arab Saudi ke kepala Hamas Khaled Mishaal.

Sementara itu, Raja Saudi, Salman Bin Abdulaziz, mengatakan bahwa kerajaan Saudi berkomitmen untuk membela penyebab Arab dan Muslim, di atas hak Palestina untuk sebuah negara merdeka dengan Jerusalem sebagai ibukotanya.

Raja Salman, yang naik tahta setelah kematian saudaranya Raja Abdullah, menegaskan kembali komitmen Kerajaan untuk mempromosikan prinsip-prinsip Islam cinta dan damai dan mematuhi semua perjanjian dan konvensi internasional.

Dia menyuarakan penolakan dari setiap upaya yang bertindak melanggar kedaulatan negara dan mencampuri urusan negaranya, demikian PIC. [ds/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sri Mulyati

« Pasukan Israel Serbu Rumah-rumah Warga Tepi Barat




7 Pertanyaan Masalah, Al-Qur’an Menjawab

7 Pertanyaan Masalah, Al-Qur’an Menjawab

al-qur'an ilmu pengetahuan

MANUSIA yang diciptakan oleh Allah SWT sentiasa hidup dengan keluh kesah. Hidup di dunia adalah medan ujian yang disediakan oleh Allah SWT supaya manusia bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT. Hidup di dunia adalah kehidupan sementara waktu sahaja, di akhiratlah merupakan kehidupan yang kekal abadi.

Dari banyaknya permasalahan yang menimpa manusia, tidak serta merta manusia ditimpa masalah begitu saja, tapi Allah menakar kemampuan manusia itu sendiri dengan masalah yang dihadapi. Allah SWT semata-mata menciptakan masalah kepada manusia untuk memberikan pelajaran dan hikmah dari sebuah permasalahan tersebut.

Mereka yang sabar maka akan mendapat ganjaran pahala dari Allah, berbeda dengan yang tidak kuasa, maka senantiasa arogan dan putus asa terhadap suatu masalah.

Maka dengan begitu Al-Quran menjadi penolong dan tempat mencari jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi. Al-Qur’an pula merupakan kalam Allah dan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT melalui perantaraan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran di turunkan untuk menyelasaikan semua persoalan hidup yang dihadapi oleh manusia. Semua jawapan terdapat di dalam al-Quran.

1. Kenapa aku di uji?

Firman Allah SWT maksudnya : “Apakah manusia itu mengira bahawa mereka dibiarkan sahaja mengatakan; “Kami telah beriman,” sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta,” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

2. Kenapa aku tidak dapat apa yang aku hajatkan?

Firman Allah SWT maksudnya : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui,” (QS. al-Baqarah: 216)

3. Kenapa ujian yang aku terima seberat ini?

Firman Allah SWT maksudnya : “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” (QS. al-Baqarah: 286)

4. Kenapa aku merasa lemah dan bersedih hati?

Firman Allah SWT maksudnya : “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi darjatnya, jika kamu orang-orang yang beriman,” (QS. Ali-Imran: 139)

Firman-Nya lagi yang bermaksud : “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS az-Zumar: 53)

5. Bagaimana harus aku menghadapi dugaan ini?

Firman Allah SWT maksudnya : “Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu (menghadapi segala kesukaran dalam mengerjakan perkara-perkara yang berkebajikan), dan kuatkanlah kesabaran kamu lebih daripada kesabaran musuh, di medan perjuangan), dan bersedialah (dengan kekuatan pertahanan di daerah-daerah sempadan) serta bertakwalah kamu kepada Allah supaya, kamu berjaya (mencapai kemenangan),”(QS. Ali-Imran: 200)

Firman-Nya lagi yang bermaksud : “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sembahyang; dan sesungguhnya sembahyang itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk” (QS. Al-Baqarah: 45)

6. Apakah balasan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang sabar?

Firman Allah SWT maksudnya : “Sesungguhnya Allah telah membeli daripada orang-orang mukmin, diri, harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka….,” (QS. At-Taubah: 111)

7. Kepada siapa aku berharap?

Firman Allah SWT maksudnya : “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. Hanya kepadaNya aku bertawakal,” (QS At-Taubah: 129)

Hati Mukmin akan tenang dan bahagia apabila hati dan jiwanya bergantung kepada Allah SWT setiap masa. Tidak ada pengharapan yang lain melainkan mengharap dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.

Hati yang tenang dan bahagia adalah satu kurniaan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang dikasihi-Nya. Hati yang sejahtera ini tidak akan putus asa dan rasa kecewa walaupun dia dikecewakan oleh insan lain kerana pertalian yang kukuh di antara hatinya dengan kecintaan kepada Allah SWT.

Hati Mukmin akan sentiasa berbaik sangka terhadap takdir Allah SWT kerana sesungguhnya setiap kejadian ciptaan Allah SWT mengandungi hikmah dan kebaikan yang tidak dapat difikirkan oleh akal manusia.

Itulah kemukjizatan Al-Qur’an yang mampu membuat pembacanya luluh hatinya, sehingga dengan kita dekat dengan Al-Qur’an, insyaAllah hati akan tenang dan pikiranpun akan selalu berada dalam kesucian.[]

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah

Prancis Pertahankan 10 Ribu Pasukan Patroli Keamanan

Prancis Pertahankan 10 Ribu Pasukan Patroli Keamanan

Dunia

Prancis Pertahankan 10 Ribu Pasukan Patroli Keamanan

Rabu 20 Jamadilawal 1436 / 11 Maret 2015 21:30

sandra prancis

PRANCIS dilaporkan akan terus mempertahankan penyebaran 10 ribu tentara yang telah berpatroli di seluruh negeri. Pasca serangan oleh kelompok bersenjata pada bulan Januari 2015, presiden Prancis mengatakan pada Rabu (11/3/2015).

“Ancaman serangan gerilyawan terhadap negara kita tetap tinggi,” ujar Presiden Francois Hollande, mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan khusus para menteri.

“Kepala negara telah memutuskan untuk mempertahankan jumlah tentara di wilayah Prancis sebanyak 10.000 tentara. Fungsinya adalah untuk mendukung pasukan keamanan dari kementerian dalam negeri,” tambah Hollande.

Ia menambahkan bahwa “7.000 dari mereka dikerahkan terutama untuk pengawasan dan perlindungan di tempat ibadah yang sangat terancam.”

Tentara juga telah berpatroli stasiun, bangunan media dan target potensial lainnya sejak serangan di Paris pada bulan Januari yang menewaskan 17 orang. [sm/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sodikin Maulana

« Iran Larang KB, Amnesty: Iran Cuma jadikan Wanita Sebagai Pabrik Bayi




Pasukan Israel Hancurkan Pabrik Milik Palestina

Pasukan Israel Hancurkan Pabrik Milik Palestina

Palestina

Pasukan Israel Hancurkan Pabrik Milik Palestina

Rabu 20 Jamadilawal 1436 / 11 Maret 2015 20:30

runtuh

PASUKAN Pendudukan Israel (IOF) dikabarkan telah membongkar pabrik dan bangunan milik Palestina di Barta dan Zebda Jenin pada hari Rabu (11/3/2015).

Wartawan PIC mengatakan bahwa tentara IOF menyerbu kota Barta sejak pagi hari, mengisolasi di balik tembok pemisah, dan menghancurkan sebuah pabrik yang sedang dibangun.

“Penduduk setempat diserang selama proses pembongkaran,” kata saksi mata.

Para tentara IOF mengelilingi daerah itu di pintu masuk kota, sebelum menghancurkan pabrik yang dihancurkan dengan dalih sedang dibangun tanpa izin di daerah C (di bawah kendali penuh sipil dan keamanan Israel).

Beberapa fasilitas Palestina baru-baru ini dibongkar di kota sebagai bagian dari kebijakan Israel untuk mencegah perluasan horisontal di kota.

Di sisi lain, tentara IOF menghancurkan bangunan yang digunakan oleh petani lokal sebagai lumbung ternak di kota Zebda ke selatan kota. [ds/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sri Mulyati

« Qatar Janji Bangun 1000 Rumah di Gaza




Iran Larang KB, Amnesty: Iran Cuma jadikan Wanita Sebagai Pabrik Bayi

Iran Larang KB, Amnesty: Iran Cuma jadikan Wanita Sebagai Pabrik Bayi

Dunia

Iran Larang KB, Amnesty: Iran Cuma jadikan Wanita Sebagai Pabrik Bayi

Rabu 20 Jamadilawal 1436 / 11 Maret 2015 19:26

wanita iran

IRAN dilaporkan tengah merancang undang-undang yang melarang keluarga berencana (KB).

Dalam RUU ini antara lain disebutkan bahwa pemerintah akan mendorong kaum ibu punya lebih banyak anak dan sterilisasi akan dilarang, BBC melaporkan pada Rabu (11/3/2015).

Selain itu, Iran juga tengah menyusun RUU yang membuat kaum perempuan yang tidak punya anak, untuk sulit mendapatkan pekerjaan.

Organisasi Amnesty International, mengritik RUU kontroversial ini. Mereka mengatakan produk hukum ini nantinya hanya akan mendudukkan kaum perempuan di Iran ‘sebagai pembuat bayi saja.’

Amnesty juga mengatakan RUU ini mengancam hak-hak kaum perempuan.

“Pemerintah mempromosikan budaya yang berbahaya, budaya yang akan menghapus hak-hak perempuan. Mereka memandang perempuan sebagai pabrik bayi,” kata Hassiba Hadj Sahraoui, deputi direktur Amnesty untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. [sm/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sodikin Maulana

« Raja Salman Saudi Komitmen Bela Hak Negara Palestina Merdeka




Nalar Kalla

Nalar Kalla

banner yusuf

PADUKA pendamping, Bapak M. Jusuf Kalla, mungkin ingin keberadaan perbankan syariah di tanah air lebih mengakar dan meluas hingga peristilahan khas pun mesti diganti. Sebuah niat baik, kiranya, agar awam tertarik dengan keunggulan bank syariah lewat bahasa Indonesia. Sebuah niat baik, bila demikian, yang kudu dihargai.

Dari berita yang banyak edar di media massa arus umum, tidak disebutkan latar belakang usulan Kalla. Malah yang ada, Kalla ingin perbankan syariah Indonesia tampil ‘unik’ tanpa harus seperti di Timur Tengah dan Malaysia. Seolah-olah dengan mengindonesiakan peristilahan maka bank syariah di Indonesia sudah ‘lebih baik’ dan ‘berbeda’. Sebuah jalan menuju pemasaran efektif ala Kalla?

Banyak yang tersengat dan marah terhadap usul Kalla itu. Tidak sedikit dari yang protes itu mengaitkan usulan Kalla sebagai arah sekulerisasi a la Mustafa Attaturk. Yakni ketika istilah kunci dari bahasa Arab diganti menjadi bahasa lokal. Ada pula yang menilai Kalla diskriminatif, atau bahkan rasialis, yakni hanya menuju pergantian bahasa Arab. Sementara bahasa Inggris yang masih banyak dipakai di perbankan ribawi belum disinggung Kalla. Padahal, kalau niatnya ingin menyatu dengan (calon) nasabah awam, harusnya istilah keinggirisan juga diindonesiakan biar masyarakat dusun yang hanya mengenal bank ribawi tidak diperdaya oknum pegawainya.

Benarkah usul Kalla itu beranjak dari isi kepala untuk mengikuti langkah Attaturk? Apakah ini bukan tudingan terlalu dini?

Saya sendiri berpendapat, ucapan Kalla itu sebentuk spontanitas tanpa pemikiran mendalam. Dia memang jarang menggunakan nalar kontemplatif, dan lebih sering intuisi yang merujuk dari pengalamannya selama ini di pelbagai bidang. Dari langkah acak dan spontan itu ada memang yang berhasil di kemudian hari, semisal saat dia menjabat wakil presiden era Susilo Bambang Yudhoyono nekad melawan ancaman DPR tatkala membuka komunikasi dengan petinggi GAM, hanya karena Kalla merasa langkahnyalah yang akan menyelamatkan perdamaian. Hasilnya memang terbukti: damai bersemi di bumi Aceh.

Sebagai saudagar, spontan sudah jadi ciri Kalla. Kadang spontanitasnya jujur, meski sebagian di antaranya diralat demi kepentingan pribadi. Contohnya sewaktu Kalla menilai Joko Widodo. Penilaian lawasnya ini di kemudian hari ditelannya lantaran Kalla didaulat sebagai calon wakil presiden Jokowi.

Dalam kasus usulan istilah bank syariah, sah-sah saja Kalla beride. Namanya saudagar, tentu dia punya pengalaman dan ekspektasi kemajuan bank syariah. Tapi, meributkan ucapan yang tidak berasal dari pemikiran mendalam dan setulus hati, jelas percuma. Kalla bukanlah Naquib al-Attas yang getol memurnikan peristilahan Arab dalam khazanah Melayu. Sebab, bagi al-Attas, bahasa bukanlah sebuah seperangkat pengetahuan netral. Dalam bahasa ada medan kuasa yang perlu dipegang erat.

Bila al-Attas tergolong yang ngotot meminta penguasa Malaysia agar publik di negerinya yang bukan Islam tidak diperkenankan menggunakan kata ‘Allah’, tidak demikian dengan Kalla. Wawasan Kalla bukan soal benar atau salah; bukan soal kemanfaatan secara peradaban atau tidak. Bagi Kalla, yang penting ada keuntungan nominal atau tidak. Kalkulasinya soal ekonomi materi. Maka, bila kata kunci semacam ‘mudharabah’ diganti ‘dua berserikat’ mungkin tidak penting, selagi esensinya perputaran uang lancar. Untung-rugi lebih dominan menguasa alam berpikir Kalla ketimbang benar-salah.

Mencemooh ucapan Kalla yang bukan dari kajian mendalam hanyalah buang-buang waktu. Arahkan saja agar Kalla memihak bank syariah, itu sudah cukup. Atau malah memintanya fokus pada pemulihan ekonomi di bawah pemerintahannya bersama Jokowi. Nilai tukar rupiah yang melewati Rp 13.000 jauh lebih penting untuk diusulkan dan dijalankan langkah penanganinya ketimbang mengurus istilah. Termasuk juga meluruskan malapraktik dalam perbankan syariah yang disinyalir ada oleh sebagian kalangan.

Sayangnya, publik Muslim terpaku pada kontroversi ide Kalla. Lupa mana yang perlu didiamkan, mana yang kudu diingatkan. Kurs rupiah hingga pelurusan praktik bank syariah jelas lebih penting. Mungkin sebagian kita lupa bahwa Kalla hanyalah saudagar licin yang hari ini terkunci manuvernya. Sehingga, dia mencari pemecah kebuntuan otaknya sekaligus kepenatan pikirannya akibat diawasi ketat orang-orang partai penguasa. Alih-alih berusul soal pemulihan ekonomi, hal remeh-temeh yang sudah ajeg malah digagas.

Di sinilah publik, khususnya yang Muslim, cukup meminta Kalla balik ke akal warasnya agar amanah sebagai pemimpin. Bukan sebatas saudagar pemimpi yang kini mimpi indahnya bermanuver di era lampau terbatasi. Dus, jadilah dia beratraksi dengan ucapan dan tindakan tidak penting. Saat yang sama, sayangnya, kita teralihkan dengan taktik Kalla, sehingga lupa memikirkan agenda penting di tengah terpuruknya perekonomian bangsa.

Patut diingat pula: orang-orang yang memikirkan untung-rugi ekonomi belaka, dan pada saat yang sama dia tengah dirundung masalah, sejatinya mereka alami selemah-lemahnya daya tawar. Attaturk minder dan merasa inferior akut di hadapan negeri Barat hingga dia bergegas menturkikan apa pun yang bukan bahasa lokal, termasuk peribadatan. Kalla, semua orang mengerti dan kudu kasihan, dia tengah dilemahkan sebagai pendamping Paduka Jokowi. Jadilah ketika dia lontarkan ide pengindonesiaan, itu hanya perlihatkan kapasitasnya yang lemah dan kurang bernalar. Maka, terhadap mereka yang seperti ini, cukuplah tidak membicarakannya lantaran hanya mengalihkan dari masalah yang harusnya diatasi si lemah itu. []

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

Menganiaya Diri Sendiri, Perbuatan yang Tak Disadari

Menganiaya Diri Sendiri, Perbuatan yang Tak Disadari

Hikmah & Renungan

Menganiaya Diri Sendiri, Perbuatan yang Tak Disadari

Rabu 20 Jamadilawal 1436 / 11 Maret 2015 17:30

tangan batu

KITA mungkin lebih banyak mengetahui tentang apa itu aniaya. Dan kita mungkin hanya mengetahui dan dapat merasakan jika menganiaya orang lain. Tapi, ternyata kita sering tidak merasakan bahwa pada kondisi tertentu kita juga melakukan aniaya pada diri sendiri. Mengapa itu terjadi?

Berbuat aniaya atau pun dzalim kepada orang lain ialah mengambil hak orang yang bukan haknya tanpa keridhaannya untuk kepentingan sendiri. Misalnya, dalam mencari rezeki, dia dengan mudahnya mengorbankan orang lain. Menuruti hawa nafsu hanya untuk kepentingannya. Padahal, jika dicari dengan sabar dan atas ridha Allah, mungkin hasilnya dapat berlipat ganda.

Sedangkan yang dimaksud berbuat dzalim terhadap dirinya sendiri yaitu melakukan hal-hal yang dilarang Allah yang merugikan dan merusak dirinya. Orang semacam ini akan dengan mudah menurut ajakan setan. Seperti, mencari rezeki dengan tidak halal, membakar dirinya dengan pendapatan haram.

Dia, akan dengan mudah menyebar fitnah. Tentu saja, jika ketahuan bohongnya akan berakibat dibenci orang yang terkena sasaran fitnahnya, dibenci masyarakat dan lingkungannya. Hal inilah yang terkadang sering tidak pernah kita sadari.

Selain itu, ada hal yang sepele yang sering kita lupakan, yang juga merupakan bentuk penganiayaan pada diri sendiri. Misalnya, ketika Anda divonis memiliki tekanan darah yang tinggi, tapi Anda tetap saja makan sate kambing. Nah, perilaku itulah yang mencerminan bahwa Anda menganiaya diri Anda sendiri, hanya karena mengikuti hawa nafsu. [Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani]

islampos mobile :

Redaktur: Rika Rahmawati

« Batu-batu dalam Sejarah




MUI Kota Bogor Ajak Umat Kawal Ikrar Taubat 34 Pengikut Syiah

MUI Kota Bogor Ajak Umat Kawal Ikrar Taubat 34 Pengikut Syiah

Ibrahim al Habsyi cs dinilai hanyalah operator/Foto: Detik

Ibrahim al Habsyi cs dinilai hanyalah operator/Foto: Detik

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor meminta umat Islam tetap mengawal proses pertaubatan 34 tersangka pengikut Syiah di Polres Bogor.

Menurut Ketua MUI Kota Bogor Bidang Pengkajian, Penelitian, dan Aliran Menyimpang, Wilyudin Dhani, kelompok Syiah selama ini memiliki doktrin taqiyah. Dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk melihat kesungguhan taubat para pengikut Syiah.

“Perlu diuji selama lima tahun, mereka mainkan taqiyah. Tapi biarkan mereka menikmati taubatnya selama dalam masa tahanan. Jika shalatnya selama di penjara sama dengan umat Islam sunni yang lain, semoga tobatnya benar dan diterima,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, termasuk Islampos, belum lama ini.

Wilyudin khawatir, ikrar taubat para pengikut Syiah itu hanyalah bagian dari siasat. Hal ini sebagaimana dilakukan para pengikut Islam Jamaah.

“Mereka bertaqiyyah seperti yang dilakukan oleh Islam Jamaah dengan istilah bithonahnya,” tutur Wilyudin.

Seperti diketahui, 34 tersangka pengikut Syiah melakukan ikrar taubat di depan juru bicara Majelis Az-Zikra. Mereka berjanji tidak akan mengulangi tindakan kekerasan kepada umat Islam dan taubat dari keyakinan Syiah.

“Demi Allah saya berjanji setelah keluar dari penjara akan bertaubat dan kembali kepada Ahlussunnah wal jamaah. Jika saya mengingkari janji, maka Allah akan melimpahkan azab sekeras-kerasnya kepada kehidupan saya dan keluarga saya,” demikian ikrar taubat 34 pengikut Syiah. [rn/Islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Rayhan

Prof. Abdelhameed Qudah: Perilaku Buruk Lahirkan Keburukan Dunia dan Akhirat

Prof. Abdelhameed Qudah: Perilaku Buruk Lahirkan Keburukan Dunia dan Akhirat

TFT 2

KOMITE Kemanusiaan Indonesia (KKI) baru saja membuka agenda Training for Trainers (TFT) dengan tema Protecting Our Youth from the Consequences of Immorality pada Selasa (10/3/2015) di Jakarta. Training yang rencananya diselenggarakan dua hari ini dibuka langsung oleh Ketua Umum KKI, Soeripto.

Hadir dalam acara tersebut beberapa delegasi dari lembaga-lembaga sosial dan kepemudaan, di antaranya: Rumah Keluarga Indonesia, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), PKPU, Islamic Medical Association Indonesia (IMANI), Adara Relief International, dan Forum Lingkar Pena (FLP). Hadir pula perwakilan dari Salam UI, YouthCare International, dan Komunitas Muda Berdakwah.

Pada sesi materi hari pertama, Prof. Dr. Abdelhameed Qudah selaku instruktur memaparkan bagaimana bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja yang berdampak pada beragam penyakit.

Presiden Federation Islamic Medical Association (FIMA) yang juga merupakan spesialis penyakit dalam asal Jordania ini membedah satu persatu penyakit yang muncul akibat seks bebas. Sebagai pimpinan asosiasi dokter-dokter Muslim yang berpusat di Washington, dia juga mengulas dampak seks bebas dari perspektif medis dan agama sekaligus.

“Apa yang dilarang Allah sesungguhnya berdampak bahaya bagi alam semesta,” simpulnya.

Lebih lanjut, Abdelhameed juga mengungkapkan bahwa perilaku buruk bisa melahirkan keburukan dunia dan akhirat.

Ihwal latar belakang diadakannya training ini, KKI memandang bahwa kepedulian sosial kita tidaklah cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan materi saja. Lebih dari itu, kebutuhan moral juga mesti diperhatikan. Oleh karena itu, KKI berharap lembaga-lembaga apa pun dapat memberikan perhatian terhadap problem moral generasi muda.[Nur Afilin/Islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Rayhan

Ini Dia Amalan Muslim untuk Investasi Akhirat

Ini Dia Amalan Muslim untuk Investasi Akhirat

nasihat muslimah
MENGINVESTASIKAN amal untuk akhirat merupakan salah satu point yang sangat mulia di sisi Allah. Karena dengan kita menginvestasikan diri untuk akhirat, artinya kita masih ingat dengan Allah dan tujuan akhir hidup kita.

Tidak ada salahnya jikalau seseorang dikatakan zuhud kepada Allah maka itulah nilai yang terpenting yang patut untuk dijadikan contoh. Untuk memposisikan diri kita mampu investasi akhirat, hari ini kiranya sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang karena banyaknya godaan yang senantiasa menggoda nafsu kita sehingga kita menjadi terlena dengan duniawi.

Investasi adalah menunda konsumsi di hari ini untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Itu berarti investasi akhirat adalah menunda konsumsi di dunia untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak di akhirat nanti. Beberapa bentuk investasi akhirat adalah:

a) Infak â€" Shadaqoh
Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: “Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: “Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya),” (Mutafaq’alaih)

Infak berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu. Menurut terminologi syariah infak berarti mengeluarkan sebagian harta atau pendapatan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran islam. Bila zakat memiliki batas minimum wajib zakat (nishab) maka tidak demikian halnya dengan infak. Berapun harta (pendapatan) yang kita miliki maka infak boleh dikeluarkan.

Infak boleh diberikan kepada siapa saja, sedangkan zakat hanya diberikan kepada orang-orang tertentu yang biasa disebut mustahiq. Dengan demikian berbeda dengan zakat, infak memilliki banyak kebebasan dalam penunaiannya.

Sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Menurut terminologi syariah pengertian sedekah sama dengan infak termasuk hukum dan ketentuan-ketentuannya. Perbedaannya terletak pada obyek kegiatan. Bila infak hanya terbatas pada sesuatu yang bersifat materi maka sedekah bisa bersifat non materi. Yang dimaksud non materi misalnya dzikir, melakukan hubungan suami istri, menyingkirkan duri dari jalanan dan lain-lain.

b) Haji
Haji berarti sengaja melakukan sesuatu, yaitu sengaja datang ke Mekah, mengunjungi Ka’bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan rangkaian ibadah tertentu, seperti wukuf, thawaf, sa’i dan amalan lainnya pada masa tertentu dengan syarat â€" syarat tertentu. Ibadah haji adalah ibadah fardhu bagi umat islam.

Yusuf al-Qaradhawi mengatakan bahwa penggalan ayat di atas yang berbunyi wa man kafara (barang siapa yang mengingkari) adalah orang yang tidak melaksanakan haji atau menolak kewajiban. Itu artinya orang yang tidak melaksanakan haji dikelompokan ke dalam orang yang mengingkari perintah Allah SWT. Semoga kita dijauhkan dari kelompok ini.

Ibadah haji menjadi berbeda dengan ritual ibadah lainnya karena ibadah haji merupakan satu-satunya ibadah yang menggabungkan kemampuan fisik dan harta. Bandingkan dengan ibadah puasa, shalat dan zakat. Puasa atau shalat merupakan ibadah yang sangat tergantung pada kemampuan fisik. Sedangkan zakat sangat tergantung kemampuan harta. Adapun ibadah haji hanya dilakukan setahun sekali dan ibadah ini sangat tergantung pada kemampuan fisik dan kemampuan harta. Ingat, oleh karena kondisi fisik dan harta dapat berubah dengan tak terduga maka sebaiknya kita dapat menyegerakan ibadah haji ini.

Ibadah haji adalah wajib bagi umat islam yang mampu. Kembali Dr. Yusuf Al Qaradhawi mengatakan bahwa yang dimaksud mampu disini adalah mampu untuk membawa bekal perjalanan dan bermukim. Disamping bekal untuk dirinya, umat islam yang melaksanakan ibadah haji pun harus mampu mencukupi nafkah bagi keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

Seperti dijelaskan di atas, ibadah haji adalah ibadah yang melibatkan kemampuan fisik dan harta. Fisik dan harta adalah sesuatu yang dapat dikelola (management) oleh karenanya tidak ada sedikitpun alasan bagi kita untuk tidak menyegerakan ibadah ini. Aturlah harta kita, sisihkan sebagain harta kita untuk ibadah ini, berdoalah sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya, niscaya Allah SWT tidak akan melupakan orang yang telah berusaha dan berdoa, Amin. Semoga para pembaca semua dimudahkan oleh Allah SWT untuk dapat melaksanakan ibadah haji ini sebelum ajal menjemput.

c) Qurban

Berkaitan dengan hukum menyembelih hewan qurban, Yusuf al-Qaradhawi mengatakan bahwa Imam Malik, Imam Syafei dan Imam Ahmad menyebutkan hukum menyembelih hewan qurban adalah sunnah. Sedangkan menurut imam Abu Hanifah menyembelih hewan qurban adalah hukumnya wajib bagi orang yang diberikan kemurahan rizki dan kelapangan. Menyembelih hewan qurban juga merupakan tanda syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dengan demikian bisa dilihat bahwa penyembelihan hewan qurban pada dasarnya merupakan tanda syukur atas rizki yang telah diberikan kepada kita. Penyembelihan hewan qurban juga sebagai wujud rasa tunduk dan kepatuhan kepada Allah SWT yang telah banyak memberikan rizki kepada kita semua.

Nah, itu berarti ibadah qurban bermata dua. Dalam arti, bila dikerjakan maka Allah SWT akan menambah nikmatnya kepada kita. Sebaliknya bila kita tidak melaksanakan penyembelihan qurban maka Alalh SWT telah memberikan janjinya tentang azabnya yang pedih.

Menyembelih hewan qurban merupakan ibadah yang menyandarkan pada kemampaun harta, oleh karenanya ibadah inipun sebenarnya dapat dikelola dengan baik. Katakan saja harga seekor kambing adalah sebesar RP 800.000,- maka sebenarnya bisa saja kita menyisihkan sebagian penghasilan kita sebulannya sebesar Rp 800.000,- / 12 = Rp 67.000,- per bulan. Bayangkan dengan menyisihkan penghasilan kita sebesar Rp 67.000,- per bulan sedangkan janji Allah SWT akan menambah nikmatnya kepada kita adalah sesuatu yang pasti. Mengapa kita masih tidak memprioritaskan ibadah ini?.

d) Wakaf

Wakaf yang dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya merupakan pengalokasian barang tidak bergerak terutama tanah untuk dijadikan mushola, masjid, pekuburan muslim dsbnya. Padahal di Negara-negara Arab praktek wakaf juga dapat melibatkan dana tunai yang berbentuk wakaf tunai.

Alhamdulillah pemahaman masyarakat terhadap wakaf tunai ini, saat ini mulai terbuka. Beberapa lembaga pengelola wakaf pun mulai tumbuh. Wakaf yang dikelolapun tidak hanya berupa tanah tetapi juga berupa uang tunai. Sandaran hukum nya sendiri ada pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairoh:

Rasulullah SAW bersabda: Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga hal: shadaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya.

Para ulama menafsirkan kata shadaqoh jariyah yang pahalanya terus mengalir dengan istilah wakaf. Jelaslah bahwa wakaf merupakan investasi akhirat yang balasan amalnya dapat terus mengalir kepada orang yang membayar wakaf.
Ayo, tunggu apalagi untuk menyisihkan amalan dan harta kita untuk investasikan. Dijamin tidak akan rugi dan berkurang sedikit pun nilai ganjaran kita, jikalau kita ikhlas dan mengharap Ridho Allah SWT. Wallahu a’alam.

[Sumber: Menjawab Masalah Haji Umroh & Qurban/Karya: Yusuf Al Qaradhawi/Penerbit: Embun Publishing-Jakarta (2007)]

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah