Lezatnya, Ayam Panggang Black Pepper Honey

Lezatnya, Ayam Panggang Black Pepper Honey

Resep

Lezatnya, Ayam Panggang Black Pepper Honey

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 13:30

sayap ayam yummi

DI pekan minggu ini, pasti anda dan keluarga biasanya sibuk menikmati liburan kerja. Di samping menikmati liburan alangkah seru kalau keluarga bisa menikmati makanan yang satu ini. Cara masak yang tidak membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya. Anda dapat memasaknya menggunakan oven agar ayam dapat matang secara sempurna. Tambahkan kentang goreng dan sayuran sehingga makanan yang Anda konsumsi tetap sehat. Berikut cara pembuatan sayap ayam panggang saus manis

Bahan :
12 sayap ayam, gunting ujungnya, lipat.
½ sendok teh garam.
1 sendok teh merica hitam bubuk.
1 sendok makan kecap manis.
½ sendok makan madu.
½ sendok teh kayu manis bubuk.
3 buah jeruk limau.

Cara membuatnya :

Aduk sayap ayam bersama semua bahan, kecuali jeruk limau hingga rata. Taruh sayap ayam berbumbu dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin.

Panggang sayap ayam dalam oven panas bersuhu 140 derajt Celcius selama 50 menit hingga sayap matang. Balik sekali-sekali supaya matang merata. Beri air jeruk limau. Hidangkan.[Mf/Islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah

« Yummy, Bihun Goreng Spesial




Apa Itu Hak Angket DPR?

Apa Itu Hak Angket DPR?

Foto: BBC Indonesia

Foto: BBC Indonesia

GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab dipanggil Ahok memasuki babak baru dalam kepemimpinannya. Seluruh fraksi DPRD DKI Jakarta dilaporka melakukan hak angket menyelidiki kebijakannya selama ini. Apa hak angket DPR?

Dikutip dari wikipedia, Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat adalah sebuah hak untuk melakukan penyelidikan yang dimiliki oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang memutuskan bahwa pelaksanaan suatu undang-undang dalam kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam UU Nomor 6 Tahun 1954 tentang Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat, sekurang-kurangnya 10 orang anggota DPR bisa menyampaikan usulan angket kepada Pimpinan DPR. Usulan disampaikan secara tertulis, disertai daftar nama dan tanda tangan pengusul serta nama fraksinya. Usul dinyatakan dalam suatu rumusan yang jelas tentang hal yang akan diselidiki, disertai dengan penjelasan dan rancangan biaya. Dalam pasal 177 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah disebutkan bahwa hak angket harus diusulkan oleh paling sedikit dua puluh lima orang anggota serta lebih dari satu fraksi, disertai dengan dokumen yang memuat sekurang-kurangnya materi kebijakan pelaksanaan undang-undang yang akan diselidiki dan alasan penyelidikannya.

Sidang Paripurna DPR dapat memutuskan menerima atau menolak usul hak angket. Bila usul hak angket diterima, DPR membentuk panitia angket yang terdiri atas semua unsur fraksi DPR. Bila usulan hak angket ditolak, maka usul tersebut tidak dapat diajukan kembali.

Panitia angket dalam melaksanakan tugas penyelidikan dengan meminta keterangan dari pemerintah dan penjabatnya, saksi, pakar, organisasi profesi, semua pihak terkait lainnya.

Panitia angket DPR melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada rapat paripurna DPR paling lama enam puluh hari sejak dibentuknya panitia angket. Rapat paripurna DPR kemudian mengambil keputusan terhadap laporan panitia angket.

Bila dalam Sidang Paripurna DPR memutuskan bahwa pelaksanaan suatu undang-undang dalam kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan maka DPR dapat menggunakan hak menyatakan pendapat kemudian usul hak angket dinyatakan selesai dan materi angket tersebut tidak dapat diajukan kembali. []

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

Siapa Haji Lulung Lunggana?

Siapa Haji Lulung Lunggana?

Tahukah Anda

Siapa Haji Lulung Lunggana?

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 11:34

haji lulung

NAMA Haji Lulung mencuat setelah dilberitakan beersiteru dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama alias Ahok. Namanya sekarang menjadi topik trending di dunia maya setelah kemunculan tagar #savehajilulung. Kicauan #savehajilulung ini bertengger sejak Kamis malam dan hingga Jumat (6/3/2015) siang bertengger di trending topic dunia

Siapa Haji Lulung?

Seperti dikutip dari wikipedia, nama aslinya adalah Abraham Lunggana SH. Ia lahir di Jakarta, 4 Juli 1959; berarti sekarang berumur 55 tahun.

Lunggana adalah seorang pengusaha yang memiliki sejumlah perusahaan yang mengelola keamanan, perparkiran, dan penagihan utang di wilayah Tanah Abang. Dia mendirikan PT Putraja Perkasa, PT Tirta Jaya Perkasa, koperasi Kobita, PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara. Ia mengklaim mempekerjakan 7.000 orang.

Karier politiknya diawali dengan bergabung pada Partai Persatuan Pembangunan hingga dipercaya menjadi Ketua DPW PPP DKI Jakarta s/d tahun 2016.

Selain jadi pengusaha, ia juga punya advokasi bernama Lunggana advocat & friends selaku pengacara yang berlokasi di tanah abang. ia pun menjadi terkenal lagi setelah membawa lamborgini ketika ia dipilih lagi jadi anggota DPRD DKI jakarta 2014-2019, terlebih dengan slogannya “Meludah saja bisa jadi duit”, serta kontroversi dengan Gubernur DKI Jakarta yang sekarang Basuki Cahaya Purnama atau Ahok. []

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

« Mengenal Bangsa Arab Sebelum Islam (2)




Jubir Partai Kurdi Tuduh ISIS Hancurkan Masjid di Mosul

Jubir Partai Kurdi Tuduh ISIS Hancurkan Masjid di Mosul

Dunia

Jubir Partai Kurdi Tuduh ISIS Hancurkan Masjid di Mosul

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 09:30

hamo-kado

JURU bicara Partai Demokrat Kurdistan Said Memozini menuduh ISIS telah menghancurkan masjid bersejarah di kota Mosul, Irak utara. World Bulletin melaporkan pada hari Jumat (6/3/2015).

“Hamo Kado, masjid yang dibangun pada masa Ottoman, diledakkan oleh ‘militan’ ISIS,” ujar Said Memozini.

ISIS juga dituduh merusak situs sejarah Mosul lainnya di kota Asiria kuno Nimrud di Mosul.

Insiden ini diklaim mengikuti video yang dirilis oleh ISIS menunjukkan pejuang ISIS menghancurkan artefak kuno di museum Mosul pada 27 Februari lalu. Monumen itu disebut-sebut berisikan artefak dari abad ke-8 SM.

Irak saat ini mengalami situasi keamanan yang rawan sejak Juni 2014, ketika ISIS menyerbu provinsi Mosul, Irak Utara, dan menyatakan kekhalifahan di Irak dan Suriah. [ds/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sri Mulyati

« Turki Bersiap Tampung Masuknya Pengungsi dari Kota Mosul




Apakah Jadi Orang Shalih/Shalihaah Itu Berbahaya?

Apakah Jadi Orang Shalih/Shalihaah Itu Berbahaya?

Catatan Kecil dari Beranda

Apakah Jadi Orang Shalih/Shalihaah Itu Berbahaya?

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 09:30

wanita cadar

Oleh: Umma Azura

SEORANG teman muallaf berkata, “Saat memutuskan memeluk agama Islam, kakakku tak setuju. Ia tak suka…”

Dalam hati aku berkata, jangankan muallaf, seorang muslimpun yang mendapat hidayah untuk berhijrah seringkali tak disukai lingkungannya.

Apatah lagi jika orang-orang itu mulai meniti manhaj salaf. Apatah lagi jika ia berada dalam lingkungan yang berbeda dengan pilihannya.

Mulai dari dijauhi orang-orang yang dulu sering berinteraksi, Ada yang sama sekali berhenti mengajaknya berbicara, ada yang menganggapnya sok alim, ada yang menganggapnya tak ada, ada yang menghindarinya, dan seterusnya

Seolah-olah orang-orang yang ingin menjalankan perintah Allah yang dibawa Nabinya adalah orang-orang yang berbahaya atau semacam penyakit menular.

Maka, orang-orang yang dulunya sangat ramah padanya kemudian akan berubah.

Padahal seyogianya jika ada teman-teman yang menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, bukankah semestinya orang-orang memberinya dukungan, bukan memboikotnya? []

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

« Pahala Diambil “Gus Dur”




Ikhwan Yordania Tunjuk Pemimpin Baru

Ikhwan Yordania Tunjuk Pemimpin Baru

muslim-brotherhood
ANGGOTA Ikhwanul Muslimin Yordania pada hari Jumat kemarin (6/3/2015) mengumumkan pengangkatan Abdul Majid Zunaibat sebagai pemimpin baru setelah adanya legalisasi status kelompok tersebut.

“Sebuah biro eksekutif baru untuk Ikhwan Yordania telah dibentuk,” kata Zunaibat pada konferensi pers di Amman dan dihadiri beberapa mantan anggota Ikhwan yang sebelumnya diusir dari kelompok itu, lapor Worldbulletin.

“Biro eksekutif sekarang merupakan perwakilan hukum dari Ikhwanul Muslimin di Yordania setelah kelompok itu statusnya disahkan dan mengakhiri kesetiaan kepada organisasi induk di Mesir, yang telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Mesir,” kata Zunaibat.

“Sebuah kesepakatan dicapai oleh beberapa anggota kelompok untuk menunjuk Mursyid ‘Aam yang baru,” tambah Zunaibat.

Sebelumnya pada hari Selasa, Menteri Pembangunan Sosial Yordania menyetujui pendaftaran kelompok Ikhwanul Muslimin di bawah ketentuan hukum LSM negara.

Kepemimpinan Ikhwan saat ini, menyatakan bahwa kelompok mereka tidak memerlukan legalisasi karena telah terdaftar sejak tahun 1953 â€" sebuah pernyataan yang dibantah oleh pemerintah.

Zunaibat mengatakan langkah legalisasi itu dimaksudkan untuk melindungi Ikhwan secara hukum, politik dan administratif.

Perpecahan muncul di dalam tubuh Ikhwanul Muslimin Yordania sejak tahun 2014, ketika sejumlah anggota senior kelompok yang bergabung dengan kekuatan politik Yordania lainnya tanpa izin dari pemimpin Ikhwan.[fq/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Al Furqon

Aksi Heroik, Warga Palestina Tabrakkan Mobilnya ke Polisi Israel

Aksi Heroik, Warga Palestina Tabrakkan Mobilnya ke Polisi Israel

Palestina

Aksi Heroik, Warga Palestina Tabrakkan Mobilnya ke Polisi Israel

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 05:54

tav
SEORANG warga Palestina dilaporkan telah menabrakkan mobilnya ke sekelompok pasukan keamanan Israel di Al-Quds (Yerusalem) dan melukai empat petugas keamanan.

Insiden itu terjadi di luar sebuah kantor polisi perbatasan Israel yang memisahkan al-Quds dengan Tepi Barat pada hari Jumat kemarin (6/3/2015).

Penyerang kemudian ditembak oleh penjaga keamanan Israel, demikian dilaporkan Press TV.

Paramedis Israel mengatakan mereka merawat lima orang korban cedera setelah serangan tersebut.

Juru bicara kepolisian Luba Samri menggambarkan insiden itu sebagai serangan teror dan mengatakan empat orang yang terluka dalam serangan itu adalah polisi.

Juru bicara kepolisian Israel yang lain, Micky Rosenfeld juga mengatakan penyerang telah ditembak dan sekarang berada dalam tahanan.

Ketegangan telah meningkat antara Israel dan Palestina sejak runtuhnya pembicaraan damai  ditengahi AS April lalu dengan adanya spekulasi tentang kemungkinan intifadhah ketiga di tanah Palestina.[fq/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Al Furqon

« Analis Kanada kepada Presiden Palestina: Keluarlah dari Dikte Israel




Begini Posisi Wanita dalam Ajaran Talmud Yahudi

Begini Posisi Wanita dalam Ajaran Talmud Yahudi

wanita perempuan yahudi

DALAM kitab Hebrew Literature hal. 7 dengan mengutip isi Talmud dijelaskan : Manakala seorang wanita yang bersuami telah bernadzar kepada Tuhan dengan suatu nadzar, maka suaminya berhak menyetujui atau menolak nadzar istrinya.

Dalam lembaran lain yang juga dikutip dari Talmud disebutkan : Seorang wanita yang tidak cakap mengatur rumah, atau seorang suami yang menemukan perempuan lain yang lebih cantik (dari istrinya), maka ia (si suami) berhak menceraikannya

Sungguh sangat jelas bahwa kaum Yahudi sangat merendahkan harkat (martabat) kaum wanita, lain daripada itu kaum wanita Yahudi tidak merniliki hak belajar di sekolah-sekolah agama Yahudi, yang populer disebut Talmud Torah.

Penulis The Jewish Encyclopaedia menyebutkan ada dua sebab utama(13) Yaitu :

1.) Karena pembelajaran wanita bukan sebuah keharusan (tidak diwajibkan) dalam ajaran agama.

2.) Karena wanita dimata kaum Yahudi dianggap sebagai mahluk yang lemah akal (light minded}! Ditandaskan pula bahwa rabi Yaghadar menuturkan : Setiap orang yang mengajarkan anak wanitanya Taurat, ia tidak ubahnya seperti mengajar orang idiot, Lihat : Sotah, 21 b, hanya saja Moses ben Maimonis mengingatkan bahwa yang dimaksud Yaghadar itu bukan pengajaran Taurat, akan tetapi pengajaran Talmud. Lihat kitab Moses yang berjudul Yad, Talmud Torah, i. 13.

Dengan demikian Moses ben Maimonis membolehkan mengajar wanita qanun tertulis saja sedang Oral Law tidak diperbolehkan. []

Sumber: TALMUD, Kitab Rabi Yahudi, Sejarah & Ajarannya /Zafarul Islamkhan/ Editor: Misbah El Majidd/ PUSTAKA HIKMAH PERDANA

islampos mobile :

Redaktur: Saad Saefullah

Dalam 10 Hari Terakhir, Virus MERS Tewaskan 10 Warga Saudi

Dalam 10 Hari Terakhir, Virus MERS Tewaskan 10 Warga Saudi

Dunia

Dalam 10 Hari Terakhir, Virus MERS Tewaskan 10 Warga Saudi

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 01:00

mers

PENYAKIT Sindrom Pernapasan Coronavirus Timur Tengah (mers-CoV), dilaporkan telah menewaskan 10 orang lebih di Arab Saudi selama seminggu terakhir. Naiknya ancaman virus ini segera meningkatkan kekhawatiran pejabat kesehatan tentang pengkarantinaa pengidap virus mematikan tersebut.

Data dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi menunjukkan bahwa jumlah korban tewas telah meningkat di atas 400 orang, dengan kematian terakhir terjadi antara 27 Februari hingga 5 Maret 2015, PressTV melaporkan pada Jumat (6/3/2015).

Menurut pejabat kesehatan, virus MERS telah menewaskan 30 orang pada bulan Februari saja, 6 di antaranya meninggal di Riyadh.

Sebanyak 936 kasus telah dilaporkan sejak virus itu diidentifikasi pada tahun 2012, dengan 402 di antaranya menyebabkan kematian.

Pada tanggal 4 Maret, Departemen Kesehatan Saudi mengumumkan perluasan kampanye pendidikan publik untuk menghentikan penyebaran Mers-CoV.

Pesan media sosial, televisi, radio dan cetak Saudi mulai ramai menyebarkan kampanye “Kita bisa menghentikannya,” untuk melawan penyebaran virus mematikan tersebut. [sm/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sodikin Maulana

Studi: Bunuh Diri Dikalangan Anak Muda Amerika Meningkat Sejak Tahun 2007 »
« Menteri Pertahanan Turki: Kami Siap Latih Tentara Irak




Studi: Bunuh Diri Dikalangan Anak Muda Amerika Meningkat Sejak Tahun 2007

Studi: Bunuh Diri Dikalangan Anak Muda Amerika Meningkat Sejak Tahun 2007

bunuh diri

SEBUAH studi menunjukkan angka bunuh diri di kalangan pemuda Amerika secara dramatis meningkat selama enam tahun terakhir, dengan peneliti mengatakan krisis ekonomi telah memepengaruhidi dalamnya.

Para ahli mengatakan ada peningkatan jumlah anak perempuan yang tewas bunuh diri karena gantung diri dan overdosis obat.

Sementara sebuah laporan yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Kamis kemarin (5/3/2015) menunjukkan bahwa tingkat bunuh diri dikalangan perempuan muda dan gadis-gadis remaja terus meningkat, lebih tinggi dari kalangan remaja laki-laki dan laki-laki muda.

Menurut penelitian, tingkat bunuh diri bagi perempuan muda pada tahun 2013 adalah 3,4 per 100.000 orang, sementara pada tahun 2007 di angka  2,2 per 100.000 orang.

Angka bunuh diri bagi anak dan pemuda juga melonjak 10,7-11,9 untuk per 100.000 orang sejak tahun 2007. Ini masih hampir tiga kali lebih tinggi dari tingkat bunuh diri di kalangan perempuan, untuk usia 10 sampai 24, demikian penelitian menemukan seperti dilansir press tv.

Sementara untuk tingkat orang dewasa yang lebih tua juga telah meningkat sejak tahun 2007 dengan kisaran 15 atau 20 per 100.000 orang. Ada 4.320 kematian bunuh diri pada tahun 2007, sehingga total ada 5264 tahun 2013.

Para ahli percaya bahwa krisis ekonomi 2007-2009, adalah penyebab utamanya. Mereka menunjukkan keadaan eksternal seperti kebangkrutan, kehilangan pekerjaan dan penyitaan yang mungkin telah memainkan peran besar dalam kematian bunuh diri.

Resesi dianggap oleh banyak ekonom sebagai krisis keuangan terburuk sejak tahun 1930-an. [ra/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

Analis Kanada kepada Presiden Palestina: Keluarlah dari Dikte Israel

Analis Kanada kepada Presiden Palestina: Keluarlah dari Dikte Israel

Palestina

Analis Kanada kepada Presiden Palestina: Keluarlah dari Dikte Israel

Sabtu 16 Jamadilawal 1436 / 7 Maret 2015 01:30

martinez

BRANDON Martinez, seorang penulis dan co-pendiri www.nonalignedmedia.com dari Toronto berbicara mengenai keputusan Pemerintahan Otoritas Palestina (PLO) di Tepi Barat untuk mengakhiri semua kerjasama keamanan dengan Israel.

“Otoritas Palestina harus segera memutus semua bentuk hubungan keamanan dengan Israel sebagai kerjasama dengan rezim pendudukan di Tel Aviv, karena hal tersebut adalah bentuk pengkhianatan,” kata Martinez dalam wawancaranya dengan press tv Jum’at (6/3/2015)

Dia juga menyatakan bahwa setiap bagian dari intelijen yang diperoleh dari ikatan dengan Israel di masa lalu, telah digunakan untuk menambah penderitaan rakyat Palestina  di Jalur Gaza yang terkepung dan Tepi Barat yang diduduki.

Martinez menjelaskan resistensi sebagai satu-satunya cara untuk mengembalikan hak-hak Palestina dan berdiri dari agresi Israel.

Di tempat lain dalam sambutannya, Martinez menyarankan pemerintahan Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk bertindak lebih mandiri, tidak lagi didikte Israel, padahal rezim Tel Aviv sedang dilecehkan oleh masyarakat internasional. [ra/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

« Bentrok dengan Pasukan Isarel, Sejumlah Wraga Palestina Gangguan Pernapasan




Turki: Tidak Ada Strategi Yang Jelas dari PBB untuk Krisis Suriah

Turki: Tidak Ada Strategi Yang Jelas dari PBB untuk Krisis Suriah

Berita Suriah

Turki: Tidak Ada Strategi Yang Jelas dari PBB untuk Krisis Suriah

Jumat 15 Jamadilawal 1436 / 6 Maret 2015 23:30

Ban Ki-moon Berjabat Tangan dengan Ahmet Davutoglu

Ban Ki-moon Berjabat Tangan dengan Ahmet Davutoglu

PERDANA Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengecam PBB atas kegagalannya sebagai badan internasional untuk mengakhiri krisis yang sedang berlangsung di Suriah.

“Sayangnya, masyarakat internasional tidak memiliki rencana A sampai sekarang dan melupakan rencana B,” kata Davutoglu kepada wartawan, Kamis kemarin (5/3/2015) setelah bertemu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Perdana menteri Turki mengatakan bahwa rencana PBB untuk menghentikan pertempuran di kota Suriah barat laut Aleppo jauh dari strategi yang jelas.

” Dewan Keamanan PBB dan masyarakat internasional tidak memiliki strategi yang jelas mengenai krisis Suriah,” tambahnya.

Sebuah delegasi PBB melalui utusan khususnya untuk Suriah, Staffan de Mistura pada pekan lalu mengunjungi Damaskus mencoba untuk melakukan gencatan senjata di Aleppoâ€"kota terbesar Suriah dan pusat komersial yang telah terpecah antara bagian barat yang dikuasai pemerintah dan militan di bagian timur sejak pertengahan 2012.

Davutoglu juga mengatakan bahwa Ankara mengharapkan masyarakat internasional untuk berbuat lebih banyak menyelesaikan krisis Suriah, sekaligus memperingatkan bahwa ratusan ribu pengungsi Suriah mungkin mencari perlindungan di Turki jika bentrokan berlanjut di Aleppo.

“Tidak ada negara yang terkena pengaruh lebih dari Turki karena krisis Suriah,” katanya. [ra/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

« Ribuan Pengungsi di Turki Telah Kembali Pulang ke Kobani




Bentrok dengan Pasukan Isarel, Sejumlah Wraga Palestina Gangguan Pernapasan

Bentrok dengan Pasukan Isarel, Sejumlah Wraga Palestina Gangguan Pernapasan

Palestina

Bentrok dengan Pasukan Isarel, Sejumlah Wraga Palestina Gangguan Pernapasan

Jumat 15 Jamadilawal 1436 / 6 Maret 2015 23:55

bentrok

SEJUMLAH warga sipil Palestina dilaporkan menderita luka akibat bentrokan yang terjadi dengan pasukan pendudukan Israel (IOF) di kota-kota Tepi Barat al-Khalil dan Betlehem pada hari Kamis (5/3/2015).

Saksi mata di Beit Ummar mengatakan anak laki-laki Palestina mengalami cedera akibat peluru dan warga lainnya tersedak gas air mata selama konfrontasi yang pecah dengan tentara Israel di daerah al-Daher.

Mereka menambahkan bahwa pasukan Israel secara intensif dan tanpa pandang bulu menembakkan peluru karet serta gas air mata dan granat kejut kepada pemuda Palestina dan rumah di sekitar TKP.

Sementara itu, sekelompok pemuda Palestina menderita sesak napas setelah menghirup gas air mata dalam bentrokan dengan IOF di daerah Umm al-Rukba, sebelah selatan kota Betlehem al-Khader, demikian PIC.

Umm Rukba telah menjadi flashpoint antara pemuda Palestina dan IOF karena insiden terakhir, yang menewaskan Jihad al-Ja’fari, 19, dari kamp pengungsi al-Dheisheh, selatan kota al-Khader. [ds/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sri Mulyati

« Mesir Hanya Izinkan Jenazah untuk Lewat Perbatasan Rafah




Satukan peran Mahasiswa dan Masyarakat, KAMMI Solo Gelar Daurah Ijtima’i  

Satukan peran Mahasiswa dan Masyarakat, KAMMI Solo Gelar Daurah Ijtima’i  

Masyarakat Solo Ikuti Daurah Ijtima’i

Masyarakat Solo Ikuti Daurah Ijtima’i

BIDANG Sosial Kemasyarakatan (Sosmas) Kesatuan Aksi Mahaasiswa Muslim Indoneisa (KAMMI) Daerah Solo gelar Daurah Ijtima’i, Sabtu lalu (28/2/2015).

Ketua Bidang Sosial Masyarakat KAMMI Daerah Solo, Tri Prasetyo Utomo menilai mahasiswa dan masyarakat memiliki tugas yang sama untuk membangun kesejahteraan. Kedua unsur itulah yang dinilai perlu untuk dikolaborasikan sehingga muncul inisiasi dan inovasi pembangunan.

Daurah Ijtima’, sebagaimana yang dijelaskan oleh Tri memberikan fasilitas pelatihan kepada seluruh kader KAMMI se-Solo untuk belajar  teori dan aplikasi bermasyarakat.

“Setelah dibekali konsep dan teori analisis kebijakan publik serta strategi sosial kemasyarakatan, di sini juga kader langsung dapat berkomunikasi dan membaur bersama masyarakat setempat,” jelas Tri.

Pihaknya menambahkan bahwa dalam rangkaian agenda tersebut juga dilaksanakan pengajian akbar, kerja bhakti serta pengobatan gratis. Keseluruhannya, dimaksudkan untuk menyatukan peran mahasiswa dan masyarakat.

Acara yang mengusung tema satukan hati tingkatkan jiwa peduli tersebut diharapkan dapat mengembalikan jiwa kepedulian kader serta kembali menghidupkan nilai islam dan jiwa gotong royong dalam masyarakat

“Kita berharap, kader KAMMI semakin solid dan peduli serta keberadaan mereka (kader KAMMI) dapat mengenalkan nilai islam dalam masyarakat dan jiwa gotong royong dapat kembali dimunculkan,” pungkas Tri. (ern/islampos)

islampos mobile :

Redaktur: Ratna Nera

Ketika Korban Kekerasan Pengikut Syiah Memeluk Pemukulnya

Ketika Korban Kekerasan Pengikut Syiah Memeluk Pemukulnya

faisalibrahim

KORBAN penganiayaan pengikut Syiah, Habib Faisal Salim Al Kaff, menjenguk 38 tersangka penyerangan Majelis Az-Zikra. Kedatangan Habib Faisal berbarengan dengan kunjungan perwakilan Majelis Az-Zikra, Kamis (5/3/2015) di Polres Bogor.

Usai pertemuan Majelis Az-Zikra dengan para tersangka Habib Faisal, lalu dipertemukan 38 tersangka. Habib Faisal terlihat masih menyisakan luka berwarna hitam di wajahnya.

Saat itu, Kabagops Polres Bogor, Kompol Imron Ermawan, langsung meminta dua orang pemimpin serangan, Ibrahim dan Ida Bagus Handoko, untuk maju ke depan menemui Habib Faisal. Kedua tersangka juga menjadi aktor tindakan kekerasan kepada Habib Faisal.

“Ibrahim dan Ida Bagus mana? Ini ada Faisal, ayo minta maaf,” kata Kompol Imron Ermawan.

Diminta untuk maju, kedua tersangka ini lantas menghampiri Habib Faisal. Sementara 36 tersangka lainnya, menyaksikan di belakang sambil berdiri.

“Kalian masih ingat, ini orang yang kalian aniaya di Az-Zikra,” kata Jubir Majelis Az-Zikra, Ahmad Syuhada, yang hadir di tengah-tengah mereka.

Habib Faisal kemudian menyalami dan saling berpelukan dengan Ibrahim dan Ida Bagus. “Maafin saya, Bang. Saya janji gak mengulangi lagi, saya mohon maaf,” kata Ibrahim seraya memeluk tubuh Habib Faisal.

Ahmad Syuhada turut memberikan informasi bahwa Faisal adalah seorang Habib dari keluarga Al Kaff.

“Ini bang Faisal adalah Habib,” katanya.

Kepada rombongan Majelis Az-Zikra, Ibrahim menyebut otak pelaku serangan kepada Majelis Az-Zikra adalah Ida Bagus Handoko. Sementara Ida Bagus yang berada tepat di belakang Ibrahim hanya tertunduk lesu.

“Sebenarnya pemimpinnya Ida Bagus Handoko, saya hanya di-whatsapp untuk ikut (menyerang),” terang Ibrahim.

Ida Bagus Handoko mengakui dirinya adalah pengikut Syiah. “Saya koordinator dari Jamaah Hubbul Islah, saya menyesal sudah melakukan tindakan (penganiayaan) ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Syuhada mengatakan, meskipun secara personal Ustadz Arifin Ilham telah memaafkan tersangka, namun para pelaku tetap harus menjalani proses hukum.

Majelis Az-Zikra mempercayakan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian untuk menerapkan aturan yang berlaku bagi para tersangka.

“Para pelaku tetap harus menjalani proses hukum sebagaimana mestinya,” tukasnya. [rn/Islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Rayhan

Atasi Kesenjangan Ekonomi, dengan Islam

Atasi Kesenjangan Ekonomi, dengan Islam

harta

ISLAM mengajarkan umatnya untuk berbuat adil dalam berbagai aspek. Demikian pula dalam masalah distribusi, distribusi pendapatan merupakan permasalahan yang sangat rumit, sehingga saat ini masih dijadikan bahan perdebatan antara ahli ekonomi. Konsep Islam menjamin sebuah distribusi yang memuat nilai-nilai insani, yang diantaranya dengan menganjurkan untuk membagikan harta lewat sadaqah, infaq, Zakat dan lainnya guna menjaga keharmonisan dalam kehidupan sosial, Allah berfirman dalam Al-Qur’an
Al-Baqarah Ayat 261
مَثَلُ الَÙ'ذِينَ يُنÙ'فِقُونَ Ø£ÙŽÙ…Ù'وَالَهُمÙ' فِي سَبِيلِ اللَÙ'هِ كَمَثَلِ حَبَÙ'ةٍ Ø£ÙŽÙ†Ù'بَتَتÙ' سَبÙ'عَ سَنَابِلَ فِي كُلِÙ' سُنÙ'بُلَةٍ مِائَةُ حَبَÙ'ةٍ وَاللَÙ'هُ يُضَاعِفُ لِمَنÙ' يَشَاءُ وَاللَÙ'هُ وَاسِعٌ عَلِيم
Artinya: perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.(Albaqarah 261)

Dalam ayat diatas Allah SWT menegaskan tentang harta yang digunakan dalam kepentingan social/kebajikan yang berhubungan dengan Agama Allah SWT baik yang diperintahkan/diwajibkan oleh Allah SWT seperti nafkah, Zakat dll atau hanya karena mengharapkan ridha Allah semata dengan menyisihkan sedikit harta seperti Infaq, waqaf, dll. Dengan itu Allah SWT memberikan perumpamaan, seperti menanam satu biji tanaman yang mengeluarkan dahan/ bercabang tujuh cabang, yang mana dalam setiap dahan ada satu tangkai yang kemudian dalam satu tangkai terkandung didalamnya seratus biji tanaman seperti yang ditanam pertama tadi. Seperti itulah sebuah pahala atau ganjaran bagi siapapun yang bisa benar-benar ikhlas karena Allah SWT dengan menyisihkan sebagian hartanya dijalan Allah (Diinillah) .

Kesenjangan haruslah diperangi oleh cara yang ditekankan islam seperti, menghapuskan monopoli, kecuali pemerintahan, untuk bidang-bidang tertentu. Menjamin hak dan kesempatan semua pihak untuk aktif dalam proses ekonomi, baik produksi, distribusi, sirkulasi maupun konsumsi. Menjamin basic needs fulfillment (pemenuhan kebutuhan dasar hidup) setiap anggota masyarakat. Dan terakhir melaksanakan amanah at-takaaful al-ijtima’i atau social economic security insurance dimana yang mampu menanggung dan membantu yang tidak mampu.

Sistem ekonomi Islam sangat melindungi kepentingan setiap warganya baik yang kaya maupun yang miskin dengan memberikan tanggung jawab moral terhadap si kaya untuk memperhatikan si miskin. Islam mengakui sistem hak milik pribadi secara terbatas, setiap usaha apa saja yang mengarah ke penumpukan kekayaan yang tidak layak dalam tangan segelintir orang dikutuk. al-Qur’an menyatakan agar si kaya mengeluarkan sebagian dari rezekinya untuk kesejahteraan masyarakat, baik dengan jalan zakat, sadaqah, hibah, wasiat dan sebagainya, sebab kekayaan harus tersebar dengan baik.

Akibat ketidakadilan sistem distribusi menimbulkan penyakit sosial seperti ketidakharmonisan hidup manusia, kurang bergeraknya potensi ekonomi serta timbulnya masalah kriminal.

Ekonomi islam juga memiliki politik dalam distribusi pemasukan, melalui unsur-unsur produksi antara individu masyarakat dan kelompoknya. Disamping adanya pengembalian distribusi dalam jaminan sosial melalui zakat, infaq, sadaqah atau wakaf. Para ekonom menjelaskan bahwa problematika ekonomi yang paling menonjol dulu sampai sekarang adalah adanya pemusatan kekayaan pada segelintir orang atau negara tertentu.

Hal ini disebabkan adanya ketidakadilan dalam proses distribusi sumber ekonomi, kekayaan, serta pemasukan. Sesunguhnya sistem ekonomi kapitalis telah gagal dalam merealisasikan keadilan distribusi yang berdampak buruk secara sosial yaitu memperdalam jurang antar negara, memperdalam jurang antara anggota masyarakat, bahkan anggota masyarakat dalam kelompoknya yang berdampak pada meratanya kemiskinan dan ketidakadilan.

Menyadari bahwa sistem kapitalis dan sistem sosialis gagal mewujudkan tingkat keadilan dan kesejahteraan bagi manusia baik individu, kelompok atau negara disebabkan karena tidak adanya keseimbangan dalam sistem distribusinya.

Olehnya itu perlu segera diwujudkan solusi sistem distribusi yang bersifat ilahiyah yang dapat menjamin keadilan dan kesejahteraan lahir batin bagi setiap manusia baik pada tingkat individu, kelompok maupun negara yaitu sistem distribusi yang sesuai syariah. Wallahu ‘Alam. [Sumber: Bank Syariah/Karya: Muhammad Syafi’i Antonio/Penerbit: Gema Insani-Jakarta]

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah

Mengakhiri Serangan Terhadap Syariah

Mengakhiri Serangan Terhadap Syariah

Warisan timbangan palu

Oleh : Lilis Holisah, Anggota Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia

Perempuan dan Syariat, selalu menjadi isu seksi yang banyak diperbincangkan. Relevansi penerapan syariat bagi kemajuan dan kesejahteraan perempuan menjadi isu krusial dewasa ini. Tantangan global yang dihadapi perempuan adalah partisipasi mereka di ranah publik. Tantangan ini telah menghasilkan dampak luar biasa pada corak kehidupan masyarakat khususnya di negeri-negeri muslim semacam Indonesia.

Perda Syariah dan Qanun Syariah yang diterapkan di beberapa daerah di Indonesia melahirkan sejumlah kontroversi. Banyak tudingan miring yang dialamatkan terhadap Syariah, diantaranya bahwa penerapan syariah akan melahirkan pelanggaran HAM, merugikan dan mengamputasi hak-hak kaum perempuan. Tudingan tersebut dilakukan oleh para pejuang HAM dan Gender (Feminis).

Ada sekitar 342 Perda yang dianggap diskriminatif terhadap perempuan atas nama agama dan moralitas, 265 diantaranya langsung menyasar perempuan, 76 tentang pakaian perempuan, 124 tentang prostitusi dan pornografi, 27 tentang pemisahan ruang publik, 19 menggunakan istilah khalwat dan mesum dan 35 terkait jam malam, (VOA, 25 agusts 2013).

Serangan terhadap syariah begitu massif digaungkan di dalam negeri hingga dunia internasional. Monsterisasi terhadap syariah juga dilakukan dalam beragam bentuknya. Tujuannya agar umat Islam khususnya kaum perempuan akan phobia terhadap Islam dan meninggalkan pelaksanaan syariat untuk mengatur kehidupannya.

Konsekuensi logis dari keimanan seorang muslim adalah melaksanakan apa-apa yang telah diperintahkan Sang Pencipta, Allah Rabb al-‘alaamiin. Kaum muslim diperintahkan untuk ber-‘amar ma’ruf nahi munkar terhadap kondisi di tempat dimana mereka hidup.

Iman yang menancap kuat dalam jiwa-jiwa kaum muslim akan mendorongnya bergerak berusaha memperbaiki kondisi masyarakat yang rusak. Mereka akan melebur bersama umat untuk mencelup umat dengan Aqidah dan Syariah Islam sehingga terwujud ketaqwaan kolektif masyarakat.

Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia sebagai bagian dari umat, menyadari tanggung jawab imani untuk menjadikan syariat sebagai sumber hukum bagi kehidupan. Oleh karena itu, Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia menganalisis bahwa akar penyebab kontroversi dan dilemma penerapan Perda dan Qanun Syariat adalah penerapan syariat secara lokal dan parsial dalam bingkai sistem hukum demokrasi dan pengkultusan terhadap nilai HAM serta kebebasan yang sekuler.

Pemberlakuan syariat dalam sistem sanksi semisal hukuman cambuk bagi pelaku zina tanpa pemberlakuan sistem sosial (Nidzam Ijtima’iy fil Islam) dan sistem ekonomi Islam (nidzam Iqtishadiy fil Islam) oleh negara hanya melahirkan celah tuduhan kelemahan dan ketidakadilan penerapannya. Syariat Islam sejatinya adalah hukum Allah yang akan melahirkan keadilan, keagungan dan kemuliaan bila dipraktikkan sesuai dengan metode yang ditetapkan-Nya yakni secara kaffah bagi manusia (kaaffatan lin naas).

Ide HAM, Demokrasi dan Liberalisme (kebebasan) tidak layak dan tidak boleh dipakai untuk menilai penerapan Syariah Islam, karena ini akan mengantarkan pada konsekuensi yang berbahaya; yakni Syariat Islam yang merupakan hukum Allah akan selalu berada pada posisi subordinat, lebih rendah dari ide HAM, kebebasan dan Demokrasi.

Sedangkan ide HAM, kebebasan dan Demokrasi yang merupakan hukum buatan manusia selalu berada superordinat alias lebih tinggi daripada hukum Allah. Hal ini akan berkonsekuansi pada pengabaian dan pelecehan terhadap hukum-hukum Syariah.

Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia menyadari bahwa serangan massif terhadap syariat akan terus berlangsung terutama oleh kalangan yang berkepentingan menjaga hegemoni politik dan penjajahan ekonomi atas negeri muslim ini, salah satunya melalui issue perempuan.

Karenanya kaum muslim membutuhkan kembali tegaknya Khilafah Islamiyah sebagai sebuah sistem pemeritahan Islam yang akan menerapkan syariat secara sempurna dalam seluruh aspek kehidupan dan memberlakukannya untuk seluruh wilayah kekuasaan Islam tanpa kecuali.

Dalam Sejarah kegemilangan peradaban Islam yan panjang, Khilafah Islamiyah telah terbukti mampu mewujudkan kehormatan, kemuliaan dan kesejahteraan bagi kaum perempuan. Bahkan sejarah nusantara yang menjadi bagian dari khilafah Utsmani telah melahirkan masa keemasan bagi negeri ini.

Diantaranya, Perempuan Aceh berabad-abad telah merasakan bagaimana Syariat Islam memuliakan mereka, membesarkan kiprah mereka dan menjamin kehormatan mereka. Sehingga nama-nama besar Muslimah Aceh seperti Laksamana Hayati dan Cut Nyak Dien adalah sedikit contoh dari sekian banyak tokoh Muslimah yang memiliki peranan besar dalam berkiprah di masyarakat, sama sekali jauh dari gambaran terkekang dan terdiskriminasi seperti yang sering dinarasikan media Barat dan para pegiat HAM dan Gender.

Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia dalam upayanya menyatukan pemahaman kaum muslimah dari berbagai kalangan dan daerah di nusantara tentang adanya upaya strategis dari kalangan feminis dan liberal yang menyerang Syariah Islam terkait dengan perempuan, menyatukan sikap para muslimah untuk menolak agenda-agenda sekuler/feminis dalam mereformasi hukum-hukum Syariah berkaitan dengan perempuan ini serta selalu berpegang teguh pada keyakinan dan hukum-hukum Islam, serta memahamkan para muslimah tentang pandangan Islam yang haikiki terhadap status, hak, peran dan kehidupan umum perempuan dalam naungan Syariah Islam Kaaffah yang akan menjamin martabat dan kemuliaan perempuan serta umat secara keseluruhan, mengadakan acara Konferensi Syariah dan Perempuan dengan tema “Mengakhiri Serangan Terhadap Syariah”. Konferensi ini akan dihadiri oleh seribu muslimah dari berbagai kalangan. Konferensi ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Maret 2015 di AAC Dayan Dawood, Komplek Unsyiah, Banda Aceh.

Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia mengundang partisipasi aktif tokoh-tokoh se-nusantara dan masyarakat Aceh khususnya untuk menghadiri Konferensi Perempuan dan Syariah ini.

Wa Allahu ‘alam.

islampos mobile :

Redaktur: Fatmah Hasan

Kasihan, Pasien Ini Ditempatkan di Toilet Rumah Sakit

Kasihan, Pasien Ini Ditempatkan di Toilet Rumah Sakit

Dunia Gila

Kasihan, Pasien Ini Ditempatkan di Toilet Rumah Sakit

Jumat 15 Jamadilawal 1436 / 6 Maret 2015 15:30

toilet
SEORANG pria 3 anak mengalami nasib buruk saat ia dirawat di rumah sakit. Bagaimana tidak, pria ini mengalami tragedi ‘menjijikan’ setelah ia diberi tempat tidur di toilet rumah sakit, karena tidak ada ruang baginya di bangsal.

Darren Walters, 36, menghabiskan empat jam di kamar mandi rumah sakit di Huddersfield Royal Infirmary di West Yorkshire, Inggris sambil menunggu operasi wasir.

Sebelumnya, Walters diberitahu dalam waktu singkat bahwa dokter telah menjadwal ulang operasinya.

Sayangnya, saat ia tiba di rumah sakit, Walters disuruh menunggu karena pihak rumah sakit justru mempersiapkan untuk mengoperasi orang lain.

Menurut laporan Mirror pada Kamis (5/3/2015) setelah kesalahan itu ditemukan, prosedur operasi untuk Walters ditunda.

Malang, Walters justru ditempatkan di tempat yang tak layak bagi seorang pasien, perawat membawa Walters untuk meninggalkannya di toilet bangsal rumah sakit.

Dengan kasur terjepit di bawah kamar mandi, Walters menunggu di dalam lemari selama 4 jam sebelum operasinya. [sm/islampos]

islampos mobile :

Redaktur: Sodikin Maulana

« Lucu, Pencuri Ini Ditangkap Akibat Komentarnya di Facebook




Wanita Terkasih Rasulullah, Siapa Dia?

Wanita Terkasih Rasulullah, Siapa Dia?

cincin bunga

SIAPA yang tak kenal tokoh agung ini dan siapa yang tak pernah mendengar keharuman namanya? Dugaan terkuat, sebagian besar kita, jika kita tidak bisa dikatakan semuanya, telah mengenal dengan baik nama besar yang disandangkan kekasih Rasulullah SAW yang paling beliau sayangi, wanita tercerdas dalam islam dan dibersihkan namanya dari atas langit ke tujuh. Di rumah kejujuran dan keimanan ia lahir.

Di dalam dekapan kedua orang tua mulia yang merupakan sahabat terbaik Rasulullah SAW ia tumbuh; dan di atas keutamaan-keutamaan agama yang agung dan ajaran-ajarannya yang lapang ia berkembang. Dialah ‘Aisyah Ash-Shiddiqah putri Ash-Shiddiq SAW. Statusnya sebagai putri Abu Bakar Ash-Shiddiq saja sudah cukup menempatkan pada tempat yang belum termulia di dalam hati dan rumah Rasulullah SAW.

Belum lagi ditambah dengan kecerdasannya, keluasan ilmunya, kepakarannya, dan keluhuran budinya yang memicu decak kagum generasi salaf maupun khalaf, sehingga mereka akhirnya mengetahui dengan seyakin-yakinnya mengapa ia menempati posisi yang teramat besar di sisi Rasulullah SAW tersebut. Dari sini, kita tentu tidak merasa aneh dan kaget dengan banyaknya refleksi pendidikan dan manfaat-manfaat dakwah yang bisa kita reguk dari kehidupan Ummul mukminin Ash-Shiddiqah Al-Habibah ‘Aisyah.
Dialah ‘Aisyah, isteri Rasulullah SAW dan kekasih hati yang paling beliau cintai. Ayahandanya adlah Abu Bakar Ash-Shiddiq, sahabat dan pendamping setia Rasullah SAW di dalam gua. Sementara ibunya adalah Ummu Ruman binti ‘Amir yang menampilkan diri sebagai sosok isteri yang mulia, ibu yang bijak, dan wanita yang bijak. ‘Abdurrahman ibnu Abu Bakar adalah saudara laki-lakinya, sementara saudara perempuannya adalah Asma’ yang berjulukan “Dzaatun Nithaqain” (wanita pemilik dua sabuk) dan setia mendampingi dan mendukung putranya, Abdullah ibn Az-Zubair melawan kesewenang-wenangan Al-Hajjaj.

Aisyah lahir di Makkah Al-Mukarramah yang merupakan kawasan yang sarat berkah di bumi Allah. Ayahnya termasuk saudagar besar di Makkah yang meraup keuntungan besar dari aktivitas perdagangannya dan hidup sejahtera. Namun ia terkenal sebagai orang yang dermawan, baik terhadap anak-anak dan keluarganya, ia banyak memiliki sifat-sifat mulia yang disandang oleh Rasulullah SAW.
Setelah disunting Rasulullah SAW dan diboyong ke rumah kenabian, Aisyah menjadi isteri terkasih Rasulullah SAW yang paling dekat dengan beliau tidak meninggalkannya selama beberapa lama, kecuali akan kembali dalam dekapannya dengan luapan kerinduan dan kasih sayang yang membara di dalam hati.

Ummu mukminin Aisyah juga merupakan salah satu pengibar bendera ilmu pengetahuan yang menjadi pengamat tentang segala peristiwa yang terjadi pada zamannya dan menjadi pakar ahli yang mengetahui seluk-beluk urusan rumah tangganya dan kewajiban yang harus ia laksanakan. Bagaimana tidak? Sejak dini ia tumbuh dilingkungan rumah di mana sang ayah merupakan pakar ahlil nasab dan sejarah Arab. Ia mendalami masalah-masalah agamanya dan mempelajari ajaran-ajaran islam di bawah asuhan Rasulullah SAW ia belajar dasar-dasar etika dan moral di tangan orang yang langsung diajar oleh Tuhan-Nya.

Ia hidup di lingkungan rumah kenabian yang menjadi tempat turunnya wahyu dan dibacanya Al-Qur’an siang dan malam. Karena itu, wajar saja jika Aisyah memiliki pengetahuan yang banyak tentang islam dan prinsip-prinsipnya dan pemahaman yang mendalam tentang berbagai bidang pengetahuan. Ia adalah sosok cendikiawan ahli hikmah (hakiimah) yang mengadopsi hikmahnya dari kitab Allah. Ia adalah ahli balaghah yang mengadopsi balaghahnya dari sastra Rasul.

Ia adalah wanita yang fasih berbicara bahasa Arab, karena ia merupakan wanita etnis Arab yang tumbuh di antara kerikil-kerikil Makkah. Ia juga berpengaruh mereguk pengetahuan dari sumber-sumber islam dan banyak belajar etika-etika sang Maha Pengasih.
Aisayah memiliki sejumlah saudara yang masuk islam semuanya dan konsisten menjalankan islam dengan baik. Mereka turut berhijrah dan berjihad bersamma Rasulullah SAW, dan inilah gambaran keluarga Sayyidah Aisyah, sebuah keluarga mukmin pelaku hijrah (yang berhijrah) yang rela berkorban demi islam, berjuang gigih di jalan dakwah, dan menyuguhkan layanan terbesar kepada

Rasulullah SAW demi mempermudah perjalanan hijrah beliau dan penyebaran dakwah beliau.
Di tengah keluarga inilah yang mulia Aisyah lahir untuk kemudian tumbuh berkembang dalam naungan islam. Dalam sebuah riwayat yang dilansir dirinya, ia berkata, “Aku tidak mengenali kedua orang tuaku, kecuali mereka memeluk agama islam”

Artinya, sejak dini ia telah tumbuh dalam naungan ajaran-ajaran agama islam yang lurus dan saat kecil ia telah menyaksikan fase terberat dalam perjuangan dakwah islam di mana Muslimin mendapat tekanan dan siksaan yang bertubi-tubi. [Sumber: Aisyah yang Cerdas yang Dicinta/Karya: Ahmada Ibnu Salim Baduwilan/Penerbit: Irsyad Baitus Salam]

islampos mobile :

Redaktur: Mawa Fauziah